Astaga! Negara Ini Eksekusi 1000 Lebih Penduduknya dalam Setahun

Setidaknya ada 1.032 orang yang dieksekusi di 23 negara di dunia pada tahun 2016. Di 2015 Amnesty International mencatat 1.634 eksekusi terjadi di 25 negara di seluruh dunia – sejarah memperlihatkan bahwa ini adalah rekor terbaru hukuman mati yang terjadi dalam kurun waktu satu tahun sejak tahun 1989.

Negara dengan hukuman mati terbanyak yang terjadi adalah Tiongkok di urutan pertama, lalu diikuti secara berurutan oleh Iran, Arab Saudi, Irak dan Pakistan.

Tiongkok dengan Hukuman Mati Terbanyak

Tiongkok menjadi negara yang telah melakukan hukuman mati terbanyak di dunia – namun jumlah pasti eksekusi yang telah dilakukan oleh pemerintah Tiongkok sendiri tetaplah menjadi misteri karena data hukuman mati di Tiongkok adalah rahasia negara dan tidak sembarangan orang boleh mengetahuinya; namun begitu, diperkirakan setidaknya ada 1.032 eksekusi, tidak termasuk ribuan eksekusi lainnya yang diduga telah dilakukan oleh pemerintah Tiongkok.

Selain Tiongkok, 87% dari seluruh hukuman mati yang terjadi di dunia terjadi di 4 negara- Iran, Saudi Arabia, Irak, dan Pakistan. Untuk pertama kalinya sejak 2006, Amerika Serikat bukanlah 5 negara teratas yang melakukan eksekusi hukuman mati, jatuh ke peringkat 7 di belakang Mesir. 20 hukuman mati yang terjadi di Amerika Serikat adalah yang terendah sejak tahun 1991.

Sepanjang 2016, 23 negara, sekitar 1 dari 8 negara di seluruh dunia, ditengarai telah melakukan hukuman mati. Angka ini menunjukan tren yang turun secara signifikan dari 20 tahun yang lalu (40 negara melakukan hukuman mati di 1997). Belarusia, Botswana, Nigeria dan Pemerintahan di Negara Palestina kembali melakukan Hukuman mati di tahun 2016; Chad, India, Jordan, Oman dan Uni Emirat Arab, negara-negara yang melakukan hukuman mati di tahun 2015 tidak melaporkan adanya eksekusi di tahun lalu.

141 negara di seluruh dunia, lebih dari 65% dari keseluruhan negara di dunia, telah menghapuskan eksekusi mati di dalam aturan hukumnya. Di 2016, 2 negara – Benin dan Nauru – menghilangkan hukuman mati di dalam kitab hukumnya untuk setiap kejahatan. Secara total, 104 negara telah melakukannya – adalah mayoritas negara di dunia. Hanya 64 negara saja yang benar-benar menghilangkan hukuman mati di tahun 1997.

Pengampunan Bagi Para Terhukum

Penggantian hukuman atau pengampuan atas hukuman mati banyak dilakukan, lebih tepatnnya 28 negara dunia pada 2016. Setidaknya 60 orang yang telah diputus mendapat hukuman mati akhrinya di bebaskan di 8 negara di 2016: Bangladesh (4), Tiongkok (5), Ghana (1), Kuwait (5), Mauritania (1), Nigeria (32), Sudan (9), Taiwan (1), dan Vietnam (2).

Amnesti International mencatat 3.117 hukuman mati di 55 negara di 2016, peningkatan yang signifikan dari total yang di dapat pada 2015 (1,998 hukuman di 61 negara). Peningkatan signifikan ini terlihat pada 12 negara, namun untuk beberapa, seperti Thailand, peningkatan eksekusi mati karena fakta dimana pemerintah menyediakan Amnesti Internasional dengan informasi detail.

Ada sedikitnya 18,848 orang yang dieksekusi mati pada akhir tahun 2016. Tiap negara memiliki metode sendiri untuk melakukan hukuman mati, di antaranya seperti dipenggal, digantung, disuntuk mati, atau ditembak. Sementara untuk negara seperti Iran dan Korea Utara, hukuman mati dilakukan di hadapan publik untuk memberikan efek jera pada masyarakat.

Nah, bagaimana dengan Anda sendiri? Apakah Anda penganut hukum yang memperbolehkan hukuman mati agar menimbulkan efek jera atau salah satu abolitionist yang menentang hukuman mati karena semua nyawa manusia berharga, termasuk pelaku kriminal? Semuanya kembali lagi kepada masing-masing, yang pasti hukum harus ditegakkan untuk memberantas kriminalitas.

Spread the love